FLIGHTS I HOTEL I TRAINS I EVENTS & ATTRACTIONS

Burj Khalifa Dubai, salah satu lokasi adegan Film "Mission Impossible—Ghost Protocol"

Burj Khalifa Dubai

Burj of KhalifaAda banyak bangunan yang super raksasa dan megah di Dubai. Salah satu yang cukup terkenal adalah Burj of Khalifa. Gedung hotel kebanggaan bangsa  Dubai ini  memiliki arti adalah Menara Khalifa. Gedung pencakar langit Burj of  Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia pada abad 20. Gedung ini memiliki tinggi 828 meter dengan jumlah lantai sebanyak 160 lantai. Jumlah tersebut adalah jumlah terbanyak di dunia. Tinggi 828 meter bisa disamakan dengan tujuh kali tinggi monas. Ada banyak perkantoran, apartemen mewah, restoran dan hotel yang berada di gedung Burj of Khalifa.

Dahulunya, menara ini bernama Burj of Dubai yang kemudian direnovasi oleh Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahayan. Disainer Giorgio Armani dipercaya sebagai tim disainnya. Biaya yang dihabiskan dalam pembangunan menara Khalifa ini adalah sekitar 15 trilyun rupiah. Diresmikan pada 4 Januari 2010. Salah satu fitur terhebat dari Burj of Khalifa adalah fitur lift angkutnya. Lift Burj Of Khalifa memiliki lift dengan kecepatan 60 km/jam. Dengan kecepatan  itu gedung ini hanya butuh waktu 50 detik saat meluncur bawah ke atas.
Kemegahan dan kehebatan gedung Burj Khalifa  ternyata mengundang perhatian penulis skenario dan sutradara film "Mission Impossible—Ghost Protocol". Atas kekaguman dan kedahsyatan Burj Khalifa, diselipkan adegan Tom Cruise yang berakrobatik dan beraksi melompati gedung Burj Khalifa, tanpa peran pengganti. Bayangkan dari ketinggian 828 meter harus melakukan adegan jungkir balik di dinding gedung jangkung tersebut. Beruntung aksi teatrikal itu berhasil dan lancar.
Selain Tom Cruise yang menjajal ketinggian gedung Burj Khalifa, ada juga manusia-manusia petualang yang banyak ingin menjajal "ketinggian" Burj Khalifa. Dia adalah manusia "Spiderman" asal Prancis. Pemanjat tebing fenomenal ini bernama Alain Robert berusia 48 tahun. Pendaki gedung ini nekad mencoba dan menantang ketinggian Burj Khalifa. Selama enam jam Alain Robert menyusuri dinding gedung tersebut. Hasilnya, dia mampu membuktikan kehebatannya memanjat Burj Khalifa. Sebuah petualangan yang memancing hormon adrenalin.