FLIGHTS I HOTEL I TRAINS I EVENTS & ATTRACTIONS

Passport - Kiat-Kiat / Tips

Passport

Kiat-Kiat/Tips

Paspor Hilang Tetap Tenang

Anda pernah mengalami kehilangan passport? Tetaplah tenang karena kami akan berbagi beberapa tips anti panik yang menarik di saat Anda kehilangan passport.
Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menyadari telah kehilangan passport adalah dengan segera melapor ke kantor polisi terdekat, di Negara manapun Anda berada
Kedua, mengajukan surat permohonan  passport/SPLP yang ditujukan kepada: Duta Besar  RI, u.p  Kepala Bidang Konsuler

  • Setelah itu, isilah formulir permohonan fotocopy passport yang hilang jika tidak mempunyai fotocopy paspor yang hilang, segera duplikasi dokumen identitas diri lainnya. Misalnya
  • KTP
  • SIM
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta  Kelahiran.
Siapkan juga 5 (lima) lembar foto terbaru ukuran 3,5 x 4,5 cm dengan latar belakang merah.
Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membayar biaya pergantian, dan passport baru siap digunakan kembali.


Paspor Aman Saat Liburan
Bagi Anda yang sedang berwisata atau melakukan perjalanan dinas di luar negeri, salah satu dokumen yang wajib Anda bawa kemana-mana adalah paspor. Berikut adalah kiat-kiat menyimpan paspor saat bepergian:

Dompet khusus
Sediakan dompet khusus untuk menyimpan paspor dan mata uang dari destinasi yang kita tuju. Jadi bila ingin membayar, cukup dengan mengeluarkan dompet tersebut dan dapat dipastikan tidak ada passpot atau uang yang tercecer.

Pesawat
Satukan paspor, tiket dan uang dalam satu wadah, kermudian baru letakkan di dalam tas. Hal ini akan memudahkan Anda saat melakukan boarding pass di bandara.

Kantor Imigrasi
Untuk memudahkan saat Anda di gerbang/loket pemeriksaan Imigrasi, letakan paspor dalam sebuah kantong khusus yang mudah dikenali. Hal ini berguna agar Anda tidak perlu mencari-cari lagi dalam tas. Usahakan juga untuk menyiapkan alat tulis (pulpen) bersama paspor Anda bilamana dibutuhkan untuk mengisi formulir keimigrasian.

Hotel
Ketika Anda bersantai di dalam hotel, gunakanlah fasilitas kotak penyimpanan (safety desposit) di kamar hotel tempat Anda menginap untuk menaruh paspor dan barang-barang berharga lainnya. Namun tetap waspada dengan memperhatikan, khususnya, kunci kotak penyimpanan tersebut.

Berbelanja
Liburan dan belanja? Sudah pasti tentunya. Saat berada di luar negeri, kemanapun Anda bepergian, bawalah serta paspor Anda. Agar kegiatan belanja Anda nyaman, gunakan tas kecil yang dapat digantung hingga pinggang. Ingat, paspor adalah salah satu bukti identitas diri seorang warga negara yang diakui dan berlaku secara universal. Tunjukan paspor Anda saat Anda hendak membeli barang-barang yang memiliki persyaratan tertentu, seperti umur misalnya, bagi pembelinya.